Berita

Sejarah Berdirinya ULT

Blog Single

Memasuki era 5.0, kecepatan arus informasi dan pelayanan adalah sebuah realita yang menjadi tantangan bagi seluruh institusi pelayanan. Universitas Mulawarman mewujudkan tata kelola Reformasi Birokrasi yang baik dengan menghadirkan Unit Layanan Terpadu (ULT) untuk menjawab kebutuhan publik akan keterbukaan informasi dan pelayanan yang prima.

Berdasarkan Undang-Undang Pelayanan Publik No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan dalam rangka tertib pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas di Universitas Mulawarman sesuai dengan Ketentuan Pasal 4 Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Rektor Universitas Mulawarman, Prof. Dr. H. Masjaya, M.si, menerbitkan Surat Keputusan (SK) Rektor dengan No. 1282/SK/2020 tentang pembentukan Unit Layanan Terpadu (ULT) Universitas Mulawarman pada tanggal 12 Maret 2020 dan Soft Launching pada tanggal 4 Juni 2020 serta mengangkat Dr. Hamdani, M.Cs sebagai Ketua ULT (Pejabat Sementara) sesuai dengan SK Rektor No. 1500/SK/2020.

Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, ULT berusaha untuk mensinergikan seluruh pelayanan di Universitas Mulawarman melalui sistem terintegrasi yang di nama E-ULT (Elektronik Service). E-ULT diharapkan dapat memberikan pelayanan lebih cepat, transparan, efektif dan efisien khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan adanya pelayanan tatap muka (face to face).

Saat ini, telah tersedia 7 (tujuh) loket pelayanan antara lain Pelayanan Bidang Akademik, Pelayanan Bidang Kemahasiswaan, Pelayanan Bidang Kepegawaian, Pelayanan Bidang Keuangan, Pelayanan Bidang Umum dan HTL, Pelayanan bidang Perencanaan dan Pelayanan Bidang Kerjasama dan Humas.

Kedepannya, kami berharap dapat menciptakan berbagai inovasi pelayanan demi mewujudkan Excellent Services (Pelayanan Prima) menuju Zona Integritas (ZI), Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK, dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).