Unit Layanan Terpadu (ULT) Universitas Mulawarman (UNMUL) memperkenalkan layanan baru, yaitu layanan dalam pembuatan dan penggantian paspor, baik paspor biasa maupun e-paspor (26/02/2024). Layanan yang bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Samarinda ini menjadi layanan pertama  ULT yang mengajak pihak luar kampus UNMUL.

Penambahan layanan paspor ini dilakukan mengingat banyaknya Sivitas Akademika UNMUL yang melakukan aktivitas ke luar negeri seperti dosen yang mengikuti konferensi, workshop maupun studi lanjut dan juga staf tendik yang melakukan ibadah umroh atau bepergian keluar negeri. Pelayanan ini berlaku juga kepada mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi, studi ekskursi, simulasi maupun konferensi ke luar negeri, termasuk Mahasiswa yang terpilih mengikuti program IISMA (Indonesia International Student Mobility Awards). Namun untuk sementara, layanan pembuatan dan penggantian paspor masih dikhususkan untuk Sivitas Akademika Universitas Mulawarman di mana layanan diperuntukkan bagi seluruh dosen dan keluarganya, staf tendik dan keluarganya serta mahasiswa.


Dalam proses penyediaan layanan ini, ULT UNMUL sebelumnya telah mempersiapkan SDM ULT yang ditempatkan untuk melayani, yang mana sebelumnya telah dilatih di kantor imigrasi Samarinda dan kelayakan tempat juga ditinjau langsung oleh Kepala Imigrasi Kelas I TPI Samarinda, Washington Saut Dompak. Demi keluasan informasi, Kepala ULT UNMUL, Enny Fathurachmi, S.IP., M.Si., juga menyebarkan informasi tentang pelayanan paspor ini melalui para Dekan Fakultas, Ketua Lembaga dan Kepala Unit di Lingkungan Universitas Mulawarman. Harapannya pelayanan ini dapat dimanfaatkan dan membantu para Sivitas Akademika UNMUL dalam pengurusan paspor yang lebih mudah.

Pelayanan ini semua dilakukan di lingkungan kampus di Kantor Unit Layanan Terpadu, Gedung MPK Lantai 1, Kampus Gunung Kelua UNMUL sehingga memudahkan akses para Sivitas Akademika. (ult/m/2024)


Sumber: unmul.ac.id

#berita #ult #unmul #pelayananimigrasi